cool hit counter

PDM Kabupaten Tegal - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Tegal
.: Home > Berita > TB Care Aisyiyah Kabupaten Tegal Bentuk Kader TB Yang Terampil

Homepage

TB Care Aisyiyah Kabupaten Tegal Bentuk Kader TB Yang Terampil

Sabtu, 29-09-2018
Dibaca: 106

 

SLAWI- Pelatihan Kader Komunitas untuk Membentuk kader TB komunitas yang terampil dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TB di masyarakat. Di ikuti sebanyak 39 para kader TB Care Aisyiyah Kab Tegal bertepat di Hotel Grand Dian Slawi.

 

Training kali ini merupakan training untuk penemuan kasus aktif investigasi kontak. Pelatihan ini di selenggarakan selama tiga hari mulai 27 sd 29 September 2018 serta pada tanggal 30 September 2018. Yang akan secara langsung praktik kelapangan atau turun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan Bahaya TB.

 

Kepada redaksi Abdul Ghofar menjelaskan . “ Kader sebagai ujung tombak kesuksesan dalam pemberantasan TB  mempunyai peran yang sangat penting karena merekalah yang akan turun langsung dan aktif menjangkau masyarakat. Semoga dengan adanya training kader ini, semakin banyak masyarakat yang terindikasi gejala TB dapat segera teratasi dan dapat disembuhkan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat yang terbebas dari TB.Ungkap Abdul Ghofat selaku Ketua Program Kegiatan Fasilitator.

 

Ghofar juga menambah Setelah kegiatan pelatihan. Mereka akan praktik di lapangan dengan cara kader mengunjungi langsung rumah-rumah pasien TBC yang datanya kita dapat dari Dinas Kesehatan, untuk melakukan pendataan anggota keluarga dan tetangga karena kontak erat dengan pasien TBC dengan cara mendatangi dari rumah satu ke rumah yang lain . Jelasnya

 

Menurut Kepala DINKES Kab Tegal  dr Hendadi Setiaji, M,Kes mengatakan “ Jumlah kasus yang ditemukan kurang lebihnya ada   1.616 kasus yang terkena TB di Kabupaten Tegal    untuk itu upaya dari   Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal  berbagai macam upaya  dengan program-program yang sudah di gerakan untuk menanggulangi secarak aktif menangani kasus-kasus TB  di Kabupaten Tegal ada 29 Puskesmas, 7 Rumah Sakit  serta 35 Klinik terlibat aktif untuk menangani kasus TB di kab Tegal. Dari Dinas Kesehatan Kab Tegal  berupaya agar setiap Puskesmas kerjasama dengan ormas untuk ikut mensosialisasikan tentang bahaya TB.  Dinas Kesehatan juga  telah berupaya melibatkan  ormas misalnya dari Aisyiyah, Muhammadiyah, NU  untuk ikut serta membantu mensosialisasikan bahaya TB di kalangan masyarakat kab Tegal . 

 

dr Hendadi Setiaji berharap seluruh masyarakat Kab Tegal tahu cara mengobati, cara menangani dan yang lebih cara mencegah supaya tidak tertular . Dengan program ini yang di giatkan oleh TB Care Aisyiyah berharap bisa ikut membantu untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di kab Tegal. “ Jelasnya,

Nurjanah selaku kader dan Relawan TB Care Aisyiyah Kab Tegal yang di tugaskan di wilyah Kecamatan Suradadi, Menceritakan pengalamanya, Selama melaksanakan tugasnya sebagai Kader TB ‘Aisyiyah tentu saja banyak suka maupun duka yang dialami oleh ibu satu ini, banyak suara-suara di masyarakat yang kadang kurang enak didengar karena dianggap sok pahlawan. Selain itu pernah dikatakan sebagai sales penjual obat .

 

 Sedangkan hal yang membuatnya senang adalah dengan menjadi Kader TB ‘Aisyiyah beliau menjadi banyak mendapat pengalaman, banyak menambah teman dan silatuurahmi, baginya untuk bisa mendapatkan suspek TB adalah tantangan yang menyenangkan, walaupun kadang di awal kegiatan pendekatan kepada suspek banyak mengalami kendala,  beliau berharap ini tidak akan menjadi kendala atau hambatan didalam melaksanakan tugasnya sebagai Kader TB ‘Aisyiyah karena pada intinya beliau bekerja dengan niat untuk ibadah dan selalu bersyukur” Jelasnya ( Hendra Apriyadi)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website